Hidden gems of Yorkshire

29-30 Sept 2016 Leeds

​

Saya dan ibu naik Natex waktu tempuh 2,5 jam dengan tiket PP seharga 3 gbp/orang.

​

Beberapa tempat yang kami kunjungi:

The Royal Armories Museum, Clarence Dock

Kirkgate Market (pasar tradisional)

Corn Exchange (berisi toko karya independen)

Kirkstall Abbey

23-25 Agustus 2017 Scarborough dan Whitby

​

Ini naik kereta dengan transit Leeds 1 jam dan jarak tempuh total 3 jam seharga 42 gbp/orang PP

Kami menginap airbnb di Scarborough. Kota kecil ini bisa dikelilingi dengan jalan kaki.Kami juga jalan menuju pantai dan mendaki ke puncak Scarborough castle yang tinggal sisa puing.

Dari city centre kami menuruni gang yang terdapat street art di sepanjang dinding, sampai terlihat pantai di ujung gang.

Untuk sepanjang pantai jangan lewatkan untuk menikmati es krim dari The Harbour Bar, jangan coba yang lain karena rasanya beda jauh untuk harga yang sama. Jangan sampai terjebak dengan banyaknya penjual es krim di sana dan jangan memilih yang sepertinya favorit (topping kuning lemon) karena itu sangat asam.

​

Saat istirahat duduk menghadap laut, kami berbincang dengan sepasang orang tua yang dengan bersemangat menceritakan sejarah kotanya, cukup seru juga lho karena saya suka sejarah dari zaman Viking yang di seberang lautan sana itu adalah Denmark sampai dia menceritakan bahwa Sacrborough barusan banjir dengan cuaca buruk (hujan dan angin), namun hari kita datang cuaca menjadi cerah sehingga banyak orang keluar menikmati sinar matahari.

​

Kami terus berjalan mendaki melewati gereja dan Anne Bronte's grave.  Karena pemandangan kota dari gereja sudah cantik, kami memprediksi akan lebih bagus lagi bila naik ke atas kastil, and its true. Kami membayar tiket masuk kastil 6 gbp/orang yang merupakan salah satu English Heritage. Di dalam terdapat volunteer yang menunjukkan pakaian princess and knight untuk kami pakai dan berfoto dengan latar tebing atau kastil. Bagi saya, keliling Inggris itu wisata keliling kastil, tidak ditemukan di tempat lain, langsung ingat film jaman King Arthur :)

Ketika pulang melewati city centre, kami mampir untuk membeli Fish and Chips di Cafe Fish.

Sepanjang perjalanan kami mendendangkan lagu Scarborough Fair

Are you going to Scarborough Fair
Parsley, sage, rosemary and thyme
Remember me to one who lives there
She once was a true love of mine

​

Satu hari di Scarborough, kami memutuskan singgah satu hari di kota tetangga arah ke utara yaitu Whitby. Disebut kota yang cantik dimana terkenal sebagai asal mula novel Drakula oleh Bram Stoker.

Terdapat 199 steps untuk naik ke Whitby Abbey. Disebutkan di novel bahwa drakula pertama kali datang ke UK berlabuh di abbey lalu dalam bentuk anjing besar menuruni step untuk menuju kota.

YHA memiliki tempat penginapan persis samping Abbey. Katanya cukup melihat dari luar saja sudah cukup, tidak perlu membayar tiket untuk masuk ke dalam. Namun karena waktu yang terbatas kami memutuskan untuk tidak naik.

Bus Max X93 double decker dari Scarborough (persis depan stasiun) sampai Whitby station PP dengan jarak tempuh 1 jam. Saya membeli mobile ticket Arriva student day North East all Zones seharga 5.5 gbp. Lalu daripada adult day ticket, saya memilih family day 13.5 gbp untuk suami dan ibu.Saya sarankan duduk di atas.

Sepanjang perjalanan kami disuguhi dengan view fantastis bukit ungu bernama Heather Moorland.

Terdapat beberapa karavan yang disewakan untuk berlibur menikmati keindahan North York Moors National Park.

Jangan lewatkan view tepat sebelum memasuki kota Whitby, apalagi saat pulang sore kembali ke Scarborough ketika sunset, pemandangan dari atas seluruh kota yang mesmerising.

​

Pertama sampai Whitby, kami langsung berjalan menyusuri sungai dimana banyak yang menawarkan tur perahu. Ada perahu bajak laut yang perlu jalan agak ke dalam. Menurut saya itu yang paling keren karena kapalnya seperti kapal Jack Sparrow, ada bendera tengkorak, dan ada musik walaupun harga lebih mahal sedikit dibanding yang lain. Bila waktunya longgar bisa dicoba.

Lalu kami melewati rumah hitam dan merah berjudul Dracula experience, kurang nyali jadi foto saja di depannya.

Kami mencoba Fish and Chip yang terkenal di sana yaitu Magpie Cafe, memang saya akui enak walaupun perlu mengantri.

Saat itu perayaan folk day jadi banyak kami temui orang berkerumun untuk berdansa, ara sangat senang menonton dan menirukan.

Kami terus berjalan sampai ke dua mercusuar, pemandangan dari sini yang musti foto berkali-kali. Foto dengan view mercusuar dan pantai, lalu foto dengan latar kota tua dengan kastil di puncak bukit. Di pantai terdapat keledai yang bisa dinaiki untuk anak-anak. Bisa juga menaiki mercusuar atau naik bukit sedikit ke Whalebone Arch untuk melihat pemandangan kota dari atas.

​

Untuk sovenir, Whitby punya banyak pilihan magnet bagus daripada Scarborough.

Dari sini saya menilai Yorkshire county  sebagai area paling indah sepanjang perjalanan saya di UK.